Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Reading, Questioning, And Answering (Rqa)

Main Article Content

Wawan Samudera
Alfan Hadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk yaitu perangkat pembelajaran kimia berbasis Reading, Questioning, and Answering (RQA) yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Desain penelitian pengembangan mengacu pada pengembangan model 4D. Hasil uji validasi oleh ahli/validator menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak sebagai perangkat pembelajaran kimia, yang meliputi silabus diperoleh rata-rata skor 3,32 dengan kategori baik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran diperoleh rata-rata skor 3,29 dengan kategori baik, Lembar Kegiatan Peserta Didik diperoleh rata-rata skor 3,16 dengan kategori baik, dan Intrumen Kemampuan Berpikir Kreatif diperoleh rata-rata skor 3,20 dengan kategori baik. Uji terbatas dilakukan pada kelas XI MIA1 di SMA Negeri 8 Mataram dengan 18 responden, diperoleh hasil respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran dengan rata skor 2,79 (praktis). Uji coba skala luas dilakukan di satu sekolah yaitu kelas XI MIA SMA Negeri 8 Mataram dengan jumlah kelas sebanyak 3 yaitu XI MIA3 dengan nilai N-gain sebesar 71,73 pada kategori Tinggi pada rentang N-gain > 70, XI MIA4 dengan nilai N-gain sebesar 66,69 pada kategori Sedang pada rentang 70 > N-gain ≥ 30,  dan XI MIA5 dengan nilai N-gain sebesar 61,48 pada kategori Sedang pada rentang 70 > N-gain ≥ 30. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kimia berbasis RQA yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas, praktis, dan efektif sebagai perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA pada materi asam dan basa.


 


Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran  dan RQA

Article Details

How to Cite
Samudera, W., & Hadi, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Reading, Questioning, And Answering (Rqa). Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 1(2), 93–114. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v1i2.12
Section
Articles