Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa: Perspektif Guru dan Siswa dalam Menghafal Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v4i1.308Kata Kunci:
strategi guru, minat belajar, minat siswa, motivasi, menghafal Al-Qur’anAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam meningkatkan minat dan motivasi menghafal Al-Qur’an pada siswa kelas 2A SDI Sahabat Ilmu, Karawang. Fokus penelitian ini mencakup faktor yang memengaruhi minat dan motivasi siswa, kendala yang dihadapi guru, serta strategi yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan McTaggart yang berisi tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2A SDI Sahabat Ilmu Karawang yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal seperti motivasi diri, pemahaman konteks ayat, serta kebiasaan belajar yang baik, dan faktor eksternal seperti dukungan keluarga, lingkungan Pendidikan, serta pengaruh teman berperan penting dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa. Kendala utama yang dihadapi guru adalah minimnya keterlibatan orang tua dalam proses menghafal di rumah dan keterbatasan waktu di sekolah. Strategi yang diterapkan guru meliputi metode Ali dan Syafi’I, pemberian motivasi dan pujian, serta penggunaan buku sebagai media pembelejaran. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan semangat dan minat siswa menghafal Al-Qur’an meskipun memerlukan upaya berkelanjutan utuk mengatasi Kendal ayang ada.
Referensi
Agustina, M., Yusro, N., & Bahri, S. (2020). Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1–17.
Anwar, K., & Hafiyana, M. (2018). Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesisa, 2(2), 181–198.
Atika, E., Zamakhsyari, & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kemampuan Menghafal Alquran Siswa Di MAS Al-Mukhlishin Kabupaten Batubara. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(2), 95–119.
Cahyani, N. D. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Dwilestari, S. (2017). PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR.
Fatdila, L., Cahyono, H., & Sujino. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Tikrar Arbain pad Santri di Rumah Qur’an Al-Izzah Kota Metro. Profetik: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17–23.
Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Johnson, G. (2016). Fundamentals of Strategy. New York.
Kurnaedi, A. Y., & Jabal, N. S. (2019). Metode Asy-Syafi’i Ilmu Tajwid Praktis. Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Lestari, N. P. (2016). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KETERTIBAN LALU LINTAS PADA SATLANTAS POLRESTA KOTA PALEMBANG.
Maelani, N. (2022). Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Di SMPIT Al-Multazam Kuningan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 439–450.
Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar Negeri 01. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286.
Ritonga, F. M., & Lubis, L. (2018). Peran Guru dalam Memotivasi Siswa Menghafal Alquran Di SDIT Al-Ikhlas Konggo. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 3(1), 56–65.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media.
Shodiqin, F., & Fatimah, M. (2023). Implementasi Metode Ali dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an pada Anak Usia Dini. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 557–566.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.











